Serunya Camping di Bonigen, Interlaken – Swiss

Camping (dalam bahasa Indonesia: berkemah)…pasti seru, ya khan. Kalian masih ingat, kapan terakhir kali Camping? Hayoo……masih ingat? Saya masih ingat…terakhir kali Camping itu sekitar tahun 90/91, di Bogor, Jawa Barat.  Saat itu, untuk Camping, kita harus sewa tenda terpal berikut perlengkapan tiang-tiang penyangga, tali dan patoknya. Ga banyak tempat penyewaan tenda di Jakarta…tapi kita berhasil menyewa tenda dan perlengkapannya di Toko Pramuka Kwarnas (Kwartil Nasional) yang dulu berada di depan stasiun kereta Gambir, Jakarta Pusat. Mungkin saat ini toko Pramuka Kwarnas sudah tidak ada, atau mungkin pindah entah kemana, saya kurang tempe… 😛

Berbeda dengan Camping jaman now…hampir semua perlengkapan Camping dapat dibeli, baik beli on-line atau langsung ke toko. Kalau di Eropa, ada toko yang menjual perlengkapan Camping, khususnya menjelang musim panas (summer season), nama tokonya Decathlon. Oh ya, sekarang Decathlon juga sudah ada yah di Indonesia. Disana mereka menjual semua perlengkapan dari A-Z untuk keperluan Camping. Hari ini,  tenda juga ditidak seperti dulu yang ribet untuk pemasangannya. Sekarang dengn mudahnya memasang tenda, bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Ga percaya…lihat dan cari saja di Youtube. Nah tenda yang kami bawa juga sama. Tinggal dibuka saja dari tas pembungkusnya, lempar ke tanah….dalam 2 detik saja tenda tersedia. Hebatnya teknologi…ternyata telah mempermudah segala keperluan Camping. Nah seperti tenda saya ini yang untuk 2 orang. Hanya 2 detik saja untuk pasang tenda. Kalo pasang tenda untuk pesta kawinan tuh, baru lama bin mahal bin ribet… 😛

View this post on Instagram

Yuuk #camping

A post shared by Abdusy Syarif (@abdusy) on

 

Kali ini, setelah sekian lama punya cita-cita bisa Camping, dan mumpung kita sedang tinggal di Eropa, maka liburan musim panas tahun 2019 ini kita ada kesempatan untuk Camping di Swiss, tepatnya di pinggir empang…eeh 😛  danau Interlaken. Swiss terkenal dengan pemandangannya yang luar biasa cantik dan alami.

Reservasi

Untuk bisa camping, disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu. Apalagi kalau pas musim panas gini, biasanya penuh. Dan sebaiknya reservasi dilakukan 1 bulan sebelumnya. Informasi tempat-tempat Camping di Swiss dikelola secara on-line. Anda bisa lihat disini.  Situs internet mereka cukup lengkap. Mulai dari Jangan khawatir, mereka menyediakan 3 bahasa pada websitenya, yaitu bahasa Jerman, Italia, French dan English.

Transport

Untuk dapat mencapai ke Bonigen Interlaken, Swiss, Anda bisa menggunakan transport umum. Bagi Backpacker, tentunya punya pengalaman dan petualangan tersendiri dengan menggunakan transport umum. Anda bisa ambil kereta dengan tujuan Interlaken-Ost atau Interlaken-West. Nanti anda akan sampai di pusat kota Interlaken. boleh jalan-jalan dulu di kota yang terdapat toko-toko branded. Selanjutnya Anda bisa ambil bus untuk dapat pergi ke tempat Camping Bonigen. Oh ya…di Interlaken tidak hanya Bonigen saja yang memiliki tempat Camping. Tapi ada beberapa pilihan tempat Camping lainnya. Anda bisa lihat di website yang sudah saya berikan tautan (link url) diatas tadi.

Akomodasi

Untuk perlengkapan akomodasi, selain tenda dan sleeping bag, tentunya makanan dan minuman juga penting. Anda ga perlu khawatir kelaparan. Di tempat Camping ada restauran yang buka pada jam-jam makan. Tapi kalau mau hemat, Anda bisa balanja di supermaret yang letaknya sekitar 1 KM dari tempat Camping dan masak atau diolah sendiri.

Dibawah ini adalah beberapa foto dari tempat Camping di Bonigen, Interlaken, Swiss. Mereka memiliki tanah yang berada di-hook danau Brienz. Dimana danau ini terhubung dengan danau Thoune, dan yang membuat unikknya adalah kedua danau ini terhubung oleh sebuah sungai yang bernama sungai Aar. Maka itu, kota nya dinamakan Interlaken, karena kota ini berada tepat ditengah-tengah dua danau dan dilalui sungai Aar tersebut. Fasilitas pada tempat Camping Bonigen termasuk lengkap, bersih, dan nyaman. Tersedia MCK atau toilet umum dengan air panas & dingin setiap saat, tempat barbeque, rumah kayu untuk 2-6 orang, kolam renang, taman bermain anak2, sport, restauran dan tentunya danau alami.



Dan kita menyewa 1 petak lahan yang berukuran 5×5 meter persegi. Disinilah kita memasang tenda dan boleh membawa kendaraan pribadi. Kita juga diperbolehkan membawa Camping car. Di malam pertama Camping, kami ga bisa tidur, karena selain hujan, dinginpun telah menyelimuti kulit kami….kami tidak mengira akan sedingin itu. Padahal masih musim panas. Atau mungkin karena lokasi Camping sangat dekat dengan gunung dan danau. Jadi udara selalu dingin. Malam itu hujan cukup deras…kami didalam tenda dapat mendengar dan merasakan tetesan air hujan yang jatuh ke tenda kami.

 

 

Aktifitas kami selama Camping, macam-macam. Mulai dari memasang tenda, memasak, barbeque, main kartu, berenang, jalan-jalan, dan yang pasti foto-foto ga ketinggalan… 😛

View this post on Instagram

Berenang-renang dahulu, makan-makan kemudian.

A post shared by Abdusy Syarif (@abdusy) on

 

 

 

 

Berikut ini sedikit vlog yang dapat saya rekam dipagi hari ketika sebagian besar orang masih tidur. Selamat Camping.

 

Colmar, 25/09/2019

Tags: , , , , , , ,

One Response to “Serunya Camping di Bonigen, Interlaken – Swiss”

  1. Hidup di salah satu kota cantik di Eropa, Colmar | Abdusy Syarif Says:

    […] My Notes, My Research, My Experiences, My Journey « Serunya Camping di Bonigen, Interlaken – Swiss […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: