Kuliah Umum di FTI Universitas Yarsi, Jakarta


Kamis, 10 Agustus 2017, saya mendapat kehormatan untuk memberikan Kuliah Umum di Fakultas Teknologi Industri (FTI), Universitas Yarsi, Jakarta. Peserta kebanyakan adalah para mahasiswa dan juga para staf pengajar atau Dosen.

Topik yang saya sampaikan masih terkait dengan optimasi jaringan sensor nirkabel atau dalam bahasa Inggrisnya “Optimizing of Wireless Sensor Network“. Saya berbagi ilmu penggunakan algoritma genetik dalam menyelesaikan permasalahan multi-objek dalam bidang jaringan sensor nirkabel. Lebih fokusnya lagi dalam permasalahan penyebaran (deployment) sensor pada sebuah jaringan sensor. Mengingat sering kali kita menghadapi halangan (obstacle) pada target area, dimana objek yang dituntut adalah menggunakan jumlah sensor seminim mungkin, namun tetap mendapatkan jangkauan (coverage) dan konektivitas (connectivity) yang maksimum. Maka kita bisa menyelesaikan masalah multi-objek ini dengan algoritma genetik. Selain berbagi ilmu, saya juga berbagi pengalaman mengenai riset yang saya lakukan di negara Perancis (France).

Diakhir presentasi yang berdurasi hampir 1,5 jam ini, ada beberapa pertanyaan yang diajukan, baik dari para Dosen maupun dari para mahasiswa.

Saya merasa sangat senang dan bahagia sekali melihat antusias teman-teman/adik-adik mahasiswa yang penuh semangat untuk terus belajar. Semoga apa yang telah saya share dapat menjadi inspirasi dan motivasi. Bon courage…!

Advertisements

One Response to “Kuliah Umum di FTI Universitas Yarsi, Jakarta”

  1. phitiphiti Says:

    mantap prof (y)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: