Wazzub.info : Hati-hati !

Beberapa hari lalu saya mendapat email dari salah seorang teman saya. Inti isi email tersebut adalah ajakan untuk bergabung pada sebuah situs jejaring sosial yang belum ‘launch’. Situs itu bernama Wazzub.info 

Sekilas memang sedikit menarik iklan dari ajakan itu. Mengapa? Karena UUD (Ujung-Ujungnya Duit). Yah…betul. Iklan ajakan bergabung pada situs ini menjanjikan user yang telah bergabung bisa mengajak teman, saudara, kakek, nenek, ncang, ncing, nyak, babeh…alias siapapun selama memiliki email, maka user yang mengajak (mengundang) akan mendapatkan uang (dollar). Jadi sistem kerjanya mirip MLM.  Hare gene….siapa yg ga butuh uang? Setan aja butuh uang walau dia udah banyak tapi masih tetep nyedot uang rakyat. Tapi yah…klo cari uang itu yang halal. Ga usah pake tipu-tipu lah.

Berikut informasi yang saya kumpulkan dari beberapa situs terkait perihal situs Wazzub.info ini.

Sumber : http://teknologi.kompasiana.com/internet/2012/01/28/hati-hati-dengan-wazzub/

Beberapa hari terakhir, kita banyak melihat di Facebook, email, inbox, dan SMS tentang Wazzub. Intinya adalah mereferral kita untuk ikut bergabung di Wazzub. Sebuah situs yang akan menjadi mesin pencari (search engine) dan akan menjadi pesaing facebook dan Google. Konon begitu. Tetapi, saya melihat banyak hal yang sangat ganjil tentang Wazzub, apalagi kalau dikatakan Wazzub akan menjadi mesin pencari menyaingi si raksasa Google. Untuk sebuah ide atau cita-cita besar dengan niat yang baik, Wazzub jauh dari kredibilitas. Contoh fakta: (saya lihat sampai tanggal 28 Januari 2012)

  1. Tidak ada member area yang memungkinkan sesorang yang memiliki akun di Wazzub untuk melihat akunnya. Pada umumnya, sebuah situs yang mengharuskan seseorang sign up, pasti ada member area, untuk mengedit profil, foto, data diri, merubah password, merubah email dll.
  2. Domain yang digunakan sebagai domain utama Wazzub adalah dot info, bukan dot com. Dot info ini dalam urutan TLD (Top Level Domain) termasuk domain murahan. Saya bisa buatkan Anda websitewww.bukanwazzub.info hanya dengan biaya Rp. 80.000, murah bukan? Mungkinkah sebuah situs raksasa hanya menggunakan domain murahan yang bukan TLD tertinggi seperti dot com. Memang,www.wazzub.com juga bisa dibuka dengan tampilan yang sama tetapi tidak memiliki fasilitas referral.
  3. Silahkan buka www.wazzub.com dan buka di tab baru dengan alamat referral Wazzub milik Anda atau milik teman Anda. Lihat tampilannya. Saya mencoba membuka www.wazzub.com tertera jumlah usernya 531.000 sementara di link referral www.wazzub.info jumlahnya berjalan, ada count-nya.
  4. Sistem Wazzub dalam mengirimkan email verifikasi juga cukup unik, Wazzub seperti menganjurkan kita menggunakan email dari Gmail dan tidak menyarankan penggunakan AOL dan HOTMAIL. Meskipun pihak Wazzub memberi keterangan bahwa mungkin saja terjadi kegagalan deteksi spam pada AOL dan HOTMAIL yang menyebabkan email verifikasi di kedua layanan email tersebut akan terganggu. Ada apa ini?
  5. Blog Wazzub yang beralamat di www.heywazzub.blogspot.com juga terbilang lucu. Blog itu dibuat dengan GRATIS alias tidak mengeluarkan biaya apapun dalam hosting maupun domainnya. Tampilan yang dipakaipun hanya menggunakan tampilan dasar, sangat mirip dengan hasil karya seseorang yang baru bisa ngeblog untuk pertama kalinya. Dan, di dunia ini banyak sekali situs blogging, kenapa Wazzub menggunakan Blogspot? Bukankah Blogspot itu milik Google? Bukankah Wazzub justru akan menjadi pesaing Google? :))

Hal-hal itulah yang diprediksi akan berdampak buruk terhadap kemungkinan pishing atau pencurian data user. Semisal, anjuran Wazzub menggunakan Gmail bisa jadi adalah cara Wazzub mencuri database dengan cara menyimpan akun Anda beserta password yang Anda gunakan untuk sign up di Wazzub.

Ingat, kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk berbagai email sign up. Kemungkinan ini bisa dimanfaatkan oleh Wazzub mencuri akun Anda di Gmail/Yahoo atau email yang Anda pakai untuk mendaftarkan diri di Wazzub. Akun email anda bisa saja dicuri. Untuk apa? Bisa jadi untuk pishing, spamming, hingga hacking dan pencurian database.

Lalu bagaimana jika Anda ingin lebih aman dan mengamankan email Anda? Lakukan segera perubahan password pada akun email Anda. Perketat tingkat kesulitannya.

Jika Anda belum bergabung di Wazzub tetapi penasaran, coba saja masuk sign up dengan sebuah email yang tidak penting, atau email abal-abal. Sehingga jika prediksi ini terjadi, email primer Anda tetap aman.

Advertisements

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: