Manusia Baik & Manusia Jahat

Sudah lama ga nulis di diare…eh dairy. Maklumlah…karena masih jadi kuli….lebih banyak kerja dibanding menulis. Padahal dengan menulis ternyata bisa menghasilkan sesuatu juga loh…..Ga percaya? Buktiin aja sendiri…dah banyak contoh yang sukses dengan menuliskan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak.

Bulan Desember 2011, bagi saya, adalah bulan yang spesial (ga pake telor). Begitu banyak kejadian yang saya alami.  Dimulai dari kerjaan riset yang belum selesai….eh ada ‘side jobs’ (ngojek & ngamen & ngopreks) yang harus dikerjakan & diselesaikan juga. Plus rutinitas mengajar, ternak teri mania (nganter anak – nganter istri – mandiin anak) 😉

Pada minggu ke-2 dan ke-3, saya mengurus dokumen yang  ternyata menyita waktu & konsentrasi saya juga. Terutama mengurus dokumen yang terkait dengan lembaga / institusi (maaf) pemerintah. Di email, SMS, telp susah sekali. Nah…klo didatengi baru dilayani. Dah gitu….pelayanannya seh singkat, ga sampe 5 menit selesai….tapi harus bolak-balik. Klo dihitung-hitung ada kali saya bolak-balik lebih dari 10x.

Sambil ngurus dokumen, ‘side jobs’ tidak bisa ditinggal…..ada sekitar 10 hari dalam bulan Desember 2011 ini yang saya fokuskan utk mengerjakan ‘side jobs’. Memang ‘side jobs’ yang satu ini enak, menarik, dan penuh tantangan….tapi kurang enak dari sisi ‘bayaran’…hehehe. Kebanyakan ‘jatah preman’nya….upss.

Diakhir bulan Desember 2011…saya dikejutkan oleh sebuah dokumen. Ketika saya urus dokumen tersebut….ternyata memang betul….saya ada kekurangan dokumen. Pantesan…..saya dapat ‘surat cinta’ yang mengejutkan saya di akhir penghujung tahun 2011 itu.

Kesimpulan yang saya dapat ambil hikmahnya dari kejadian di bulan Desember 2011 yaitu “Di dunia ini hanya ada 2 klasifikasi manusia, yaitu manusia baik & manusia jahat”. Ga peduli dia laki-laki (Pria) atau perempuan (wanita)….selama dia wujudnya manusia, maka manusia tersebut akan masuk ke dalam kategori baik atau buruk sesuai dengan kriterianya & perilakunya masing-masing. Ada manusia yang baik, membantu dengan ikhlas tanpa pamrih, murah senyum juga, mau menjawab telp / sms / email, selalu memberi dukungan, doa. Namun ada manusia yang jahad (pake ‘d’, krn lebih dari jahat), menikam dari belakang, memeras, perhitungan, menyebarkan fitnah, suka sumpah serapah, menggunjing, iri, dengki, dendam. Hal ini saya temui pada manusia-manusia yang berada disekitar kita.  Itulah hidup.

Nah….sekarang mari kita bercermin, kita termasuk yang mana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: