APLIKASI PENGENALAN SUARA MENGGUNAKAN MICROSOFT SAPI SEBAGAI PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK

Abstract

Perintah dengan menggunakan suara memungkinkan pengguna dapat mengontrol sebuah peralatan elektronik dengan mengucapkan perintah melalui peralatan masukan audio daripada harus menggunakan saklar, hal ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengontrol peralatan elektronik tanpa menggunakan tangan.

Perintah dengan suara menggunakan peralatan masukan audio seperti mikropon, sebuah mesin pengenal ucapan dan menu perintah. Ketika pengguna mengucapkan perintah melalui mikropon, mesin pengenal ucapan akan menterjemahkan dari ucapan ke teks. Jika mesin pengenal ucapan menemukan kecocokan perintah suara dengan menu perintah suara maka akan memerintahkan aplikasi yang cocok untuk dijalankan. Perintah dengan menggunakan suara merupakan speaker independent (tidak terpengaruh siapa yang mengucapkan), jadi tidak diperlukan pelatihan suara dari pengguna.

Untuk dapat mengontrol peralatan elektronik, maka aplikasi ini memerlukan mikroprosesor AT89C51 sebagai pengendali untuk mengaktifkan saklar relay menggunakan komunikasi port serial.

Masalah yang dihadapi dalam menggunakan pengenalan ucapan adalah kebisingan diperlukan mikropon yang berkualitas tinggi. Juga perlu diingat untuk berbicara sejelas mungkin dan dalam ucapan tempo yang sedang (tidak terlalu cepat/lambat). Bercampurnya suara yang tidak diinginkan serta ucapan yang terlalu cepat dapat menyebabkan ketidakakuratan dalam pengenalan ucapan.

Kata kunci: Perintah Suara, Pengenalan Ucapan, SAPI

Advertisements

2 Responses to “APLIKASI PENGENALAN SUARA MENGGUNAKAN MICROSOFT SAPI SEBAGAI PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK”

  1. Sukarso Says:

    Lah kok judul sama abstarct -nya gak nyambung Pak…

    Like

  2. abdusyarif Says:

    Ok…makasih Pak, sudah mengingatkan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: